Single Blog Title

This is a single blog caption

Menjangan Bali, Surganya Penyelam

Pulau Menjangan, Surganya Pecinta Dunia Bawah Air
Indonesia ini emang surga dunia ya Sob. Kamu kudunya bersyukur hidup di negara yang dijuluki jamrud khatulistiwa ini. Keanekaragaman hayatinya yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, bener-bener bikin bangsa lain ngiri abis. Gak lautnya, gak gunungnya, gak hutannya, gak danaunya, semua bener-bener eksotis.

Penasaran dengan tempat yang indah namun jarang dilirik wisatawan? Rencanakanlah liburanmu ke Pulau Menjangan.  Letaknya di sebelah utara Taman Nasional Bali Barat. Tepatnya, di desa Klampok, kecamatan Grogak, kabupaten Buleleng. Sekitar 4 jam perjalanan dari Denpasar. Lumayan melelahkan ya? Eits, jangan gembira dulu sob. Itu perjalananmu baru sampai Pelabuhan Lalang, selanjutnya kamu harus nyebrang ke Pulau Menjangan dengan menggunakan kapal motor (speed boat) selama 30-45 menit dari Pelabuhan Lalang.  Tapi jangan khawatir bosan, kamu akan disuguhi pemandangan indah selama perjalanan, sawah nan menghijau dan lautan biru di sisinya sewaktu masih berada di Pulau Bali serta pemandangan gunung api di Jawa Timur yang berpadu dengan birunya laut nan jernih.

Bingung menuju ke Pulau Menjangan naik apa? Walaupun ada transportasi umum ke sana, mendingan kamu sewa mobil Bali saja deh. Selain lebih menghemat waktu, kamu juga akan lebih dapat menikmati perjalanannya. Biaya sewa Mobil di Bali gak berbeda jauh denga kota besar lainnya di Indonesia kok. Jadi, kamu bisa rancang budget jauh sebelum melakukan perjalanan ke sana.

Pulau Menjangan terkenal dengan wall divingnya, yaitu kegiatan menyelam ke kedalaman 20-60 meter dengan mengikuti lajur tebing bawah laut.
Saat tiba di Pelabuhan Lalang, sebaiknya kamu langsung ambil paket diving komplit saja. Harga paket ini sudah termasuk sewal kapal boat + asuransi + sewa peralatan snorkeling.  Jangan lupa melengkapi perbekalan, sebab di Pulau Menjangan gak ada warung makanan lho.  Kalau kamu pengen menginap, ada beberapa penginapan dan resot yang  tersedia, namun letaknya bukan di Pulau Menjangan!

Sebagai negara yang kaya dengan destinasi wisata laut dan gunungnya, tentu banyak turis yang tertarik untuk berkunjung ke Indonesia. Nah, buat menjaga biar tuh ekosistem tetap berimbang  dan gak diacak-acak para cukong berperut buncit, maka ditetapkanlah banyak  Taman Nasional oleh pemerintah. Salah satunya pulau yang sering dikunjungi para pecinta olahraga air, terutama menyelam ini, letaknya yang agak nyempil di utara pulau Bali, bener-bener bak surga bagi penggemar olahraga diving dan snorkeling ini.

Bahkan ada sebuah spot diving yang disebut Secret Bay.  Di lokasi ini kamu bisa menjumpai hamparan pasir vulkanis hidup dengan berbagai biota laut langka dan endemik di atasnya. Keren deh. Areanya yang  masih sangat alami dan belum banyak terjamah, bener-bener bisa manjain kamu yang lebih suka macro diving
Tapi, waktu yang dianjurkan buat melihat aneka kekayaan hayati di spot ini adalah saat gelombang tinggi dan sirkulasi bulan berada pada posisi yang tepat. Patut kamu ingat, perairan di sini lebih dingin daripada wilayah Bali lainnya. Makanya, gunakan pakaian selam (wet suit) yang bagus ya, kalau berkunjung ke sini.

Pengen bertualang yang lebih seru? Tenang, ada Anchor Wreck. Tempat bangkai kapal laut Belanda yang tenggelam saat Perang Dunia II, lengkap dengan jangkarnya.  Juga ada Eel Gardens, spot diving yang paling seru buat dikunjungi, karena di sini kamu bisa ketemu banyak garden eerl dan sea fans di sana.
Nah tunggu apalagi? Kamu senang suasana pantai? Pecinta diving? Segera atur perjalananmu ! Hubungi perusahaan penyedia paket wisata di Bali dan pilihlah paket wisata murah di Bali. Jadi, kamu bisa mengunjungi banyak obyek wisata di Bali yang menarik dan eksotik dengan biaya terjangkau.

Leave a Reply